Monday, June 8

Hati ini Kembali Dirampas Oleh-"nya"

Lagi-lagi dibuat jatuh cinta sama kekayaan sebuah pulau dengan luas 14.300 km2 disebelah timur Indonesia. Pulau yang melejit namanya setelah menyandang gelar 7 keajaiban dunia dengan mengangkat Komodo sebagai maskotnya yang ditetapkan oleh lembaga New 7 Wonders Foundation, memiliki berjuta rahasia untuk segera dikuak dan menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia sungguh luar biasa menakjubkan dengan segala kekayaannya. Ya, Flores., Nusa Tenggara Timur.

Belum selesai gw mengagumi kekayaan alamnya, lalu sekarang muncul sarana seni yang lagi-lagi berhasil merampok hati gw. Aih mama ee....

Sarana seni yang gw maksud ini adalah Kain Tenun. Sebetulnya bisa juga disebut tradisi adat yah, cuma penempatan katanya kurang pas hehe

Tiap daerah punya ciri khas tenun masing-masing, biasanya seni tenun ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan alam, juga merupakan bagian dari respresentasi budaya masyarakat daerah tersebut.

Kain yang proses pembuatannya dengan memasukan benang pakan secara horizontal pada benang-benang lungsing dan dicelupkan kebahan pewarna alami supaya warnanya lebih hidup ini bikin gw terpanah dan akhirnya mengacak-acak koper nyokap untuk menemukan bongkahan kain tenun dan segera gw bawa ke penjahit supaya dibuatkan baju dengan berbagai model. Tapi sayangnya kain tenun yang ada di koper-koper ini kebanyakan udah dijadikan kebaya, sekalinya ketemu yang masih utuh eeeh cuma bisa dijadiin selendang karena terlalu pendek hikss..

Pucuk dicinta ulampun tiba, ujug-ujug gw bongkar-bongkar koper, eh ada sepupu yang jual kain tenun asli. Kainnya kaku banget, emang biasanya kain tenun asli ya begini, kaku. Karena keburu jatuh hati sama motifnya, segera gw DP-in supaya ga diambil orang hahahahahan *muncul bakat posesifnya*

Supaya kainnya lebih lemas dan bisa dijahit, maka gw harus merendam beberapa kali. Cukup direndam aja sama campuran air dan shampo, ngga perlu dikucek atau digiling pakai mesin cuci. Setelah 2x gw rendam, kainnya udah mulai menjinak dan nona girang sekaliiiiiii karena kainnya udah siap dijahit horaaaaay!! :D

Voilaaaaaaaaaa, ini hasilnya :






Untuk Flores sendiri punya sentuhan motif tenun yang berbeda tiap daerahnya, nah kalau yang ini motif khas Maumere :)



Cheers,
Ceacilia

No comments:

Post a Comment